Macam – macam metode Pembelajaran
BAB I
PENDAHULUAN
I.1. Latar Belakang
Salah
satu tugas guru adalah mengajar. Hal ini menyebabkanadanya tuntutan
kepada setiap guru untuk dapat menjawab pertanyaan tentang bagaimana
seharusnya mengajar. Dengan kata lain, setiap guru dituntut untuk
memiliki kompetensi mengajar. Guru akan memiliki kompetensi mengajar
jika, guru paling tidak memiliki pemahaman dan penerapan secara taktis
berbagai metode belajar mengajar serta hubungannya dengan belajar
disamping kemampuan - kemampuan lain yang menunjang.
Bertolak
dan bermuara pada kebutuhan sebagai guru, maka makalah ini di sajikan
tentang berbagai metode belajar mengajar agar mampu melaksanakan tugas
utama guru yaitu mengajar. Apabila telah memiliki kemampuan dalam
penguasaan penggunaan metode pembelajaran IPS secara mendalam.
Pengajaran IPS pada pendidikan dasar menengah dengan cara mengenalkan
masalah – masalah social melalui pengetahuan, ketrampilan, sikap, dan
kepekaan untuk menghadapi dan memecahkan masalah social tersebut.
Sesuai dengan karakteristik anak SD dan seusianya, metode ceramah akan
menyebabkan siswa bersikap pasif dan tentunya menjadi pelajaran hafalan
yang membosankan. Oleh karena itu, guru di harapkan mampu menguasai
metode – metode yang cocok untuk pembelajaran IPS agar siswa lebih
tertarik pada peljaran tersebut.
I.2. Masalah
Banyak sekali teori – teori yang menjelaskan tentang metode untuk
pembelajaran, namun kita belum mengetahui metode apa yang baik dan
efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Pendidikan IPS khususnya di
SD.
I.3. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang, maka masalah “Metode Pembelajaran IPS di SD“ dapat di rumuskan sebagai berikut :
1. Bagaimana metode pembelajaran Pendidikan IPS SD ?
2. Apasajakah macam – macam metode pembelajaran PIPS SD ?
I.4. Tujuan dan Manfaat
Adapun tujuan dan manfaat dari pembuatan makalh ini yaitu :
1. Untuk mengetahui apa itu metode pembelajaran Pendidikan IPS di SD
2. Untuk mengetahui macam – macam metode pembelajaran Pendidikan IPS di SD
3. Diharapkan dapat menerapkan metode yang cocok dan baik untuk peserta didik.